(62) 812 245 6452

Info Kegiatan

 
 

Para penyair dari Bandung, Jogjakarta, dan Bali akan menggelar Pesta Puisi Tiga Kota (PPTK). Di mulai dari Kota Bandung pada 1 Februari mendatang. Para penyair juga akan pentas di Jogjakarta dan Bali.

Pesta di Bandung akan digelar di Gedung Indonesia Menggugat. Para penyair yang akan tampil Matdon, Ratna Ayu Budhiarti, Ratna M Rachiman, Semi Ikra Anggara, Deddy Koral, Faisal Syahreza, dan penyair tamu dari Yogyakarta Saut. Selain itu, acara nanti juga dimeriahkan dengan penampilan musisi balada Adew Habtsa, Mukti-Mukti dan Sisca Guzheng Harp.

Di Bandung, Matdon sebagai penyair utama selain membacakan puisi karya sendiri, juga akan membeberkan proses kreatif dan semacam kredo atau sikap kepenyairannya selama ini.

“Selama ini publik Bandung terutama wartawan dan seniman mengenal Matdon sebagai penyair yang berjiwa pemberontak, mengkritisi kebijakan pemerintah yang nyeleweng dari kehendak rakyat, tetapi ia lembut dan sopan,” ujar Penanggungjawab Acara, Bilven Sandalista, seperti dalam rilis yang diterima galamedianews, Selasa (27/1/2015).

Bilven menjelaskan, para penyair lainnya membacakan puisi karya sendiri dan membacakan puisi karya Matdon. “Konsep ‘penyair utama’ dalam konteks acara ini bukan dimaksudkan untuk menyepelekan kualitas dan kemampuan penyair lainnya,” ujar Bilven.

Sekedar diketahui, Matdon, telah meluncurkan sejumlah buku. Beberapa buku karyanya di antaranya, Buku kumpulan Persetubuhan Bathin (bersama penyair Dedy Koral), Garis Langit (2002), Mailbox (2004), Kepada Penyair Anjing (2008), Benterang  (2009, bersama Atasi Amin dan Anton D Sumartana), Sakarotul Cinta dan buku yang membuat heboh dunia sastra di tahun 2014 yakni “Ustadz Televisi”, serta satu Buku kumpulan esai Birahi Budaya.

Puisi dan tulisan budaya Matdon juga pernah dimuat di Pikran Rakyat, Sinar Harapan, Kompas, Galamedia, Bandung Post, Balipost, Seputar Indonesia, Tribun Jabar, Radar Bandung, The Jakarta Post.

Brilliant Awal

Sumber: galamedianews.com - Selasa, 27 Januari 2015